Linear Programing (Game Theory & Dielama Tahanan)

TEORI PERMAINAN:
Sejarah singkat pertama kali teori permainan dikembangkan sebagai cabang tersendiri oleh J. von. Neumann dan Oskar Morgenstern pada tahun 1944 dalam bukunya yang berjudul “The Theory of Games and Economic Behavior” .
Teori permainan adalah bagian dari ilmu matematika yang mempelajari interaksi antar agen, dimana tiap strategi yang dipilih akan memiliki payoff yang berbeda bagi tiap agen (http://id.wikipedia.org/wiki/Teori_permainan). Teori permainan secara umum didasarkan pada teori tentang pilihan rasional. Teori ini adalah teori yang didasarkan pada asumsi bahwa tiap pengambil keputusan memilih pilihan yang terbaik berdasarkan pengetahuan yang dimilikinya dari semua pilihan tindakan yang dapat diambilnya, rasional ini berarti bahwa si pengambil keputusan konsisiten pada pilihannya sebagai hal yang terbaik. Beberapa komponen dasar dalam teori permainan adalah :
1. Pemain/Agen
Adalah orang yang mengambil keputusan dalam permainan yang dibuat.tiap agen akan selalu dihadapka pada pilihan diamana setiap pengambilan keputusannya akan berisikan keuntungan dan resiko dari keputusan tersebut. Namun secara umum pilihan yang terbaik menurutnya akan memberikan keuntungan yang sebesar-besarnya dan dengan resiko yang sekecil mungkin.
2. Pilihan dan Fungsi Ganjaran
Dalam setiap putaran permainan, pemain/agen akan dihadapkan pada plihan yang diambilnya. Tiap pilihan akan mengandung resiko.fungsi ganjaran, yaitu fungsi yang menunjukkan ganjaran yang didapatkan oleh pemain jika pilihan tersebut diambilnya. Fungsi ganjaran akan bervariasi tergantung dari keuntungan dari keuntungan dan kerugian yang mungkin didapat dari masing-masing pilihan. Dalam menyusun fungsi ganjaran pada setiap permodelan teori permainan dibutuhkan pengetahuan yang mendalam dari permianan tersebut. Di sinilah letak ketajaman analisis yang digunakan dalam teori permainan.
3. Hasil
Hasil akhir bagi para pemain ketika permainan berakhir disebut hasil (payoff). Hasil ini dapat diukur dengan satuan mata uang ataupun tingkat utilitas yang diperoleh para pemain. Di asumsikan bahwa para pemain dapat mengurutkan hasil dari suatu permainan mulai dari yang paling dikehendaki dan akan mencari hasil dengan peringkat tertinggi yang mungkin dicapai.
Dalam teori permaian,tidak dibiarkan pemail lain diam,tetapi melakukan aksi reaksi atas apa yang terjadi daklam interaksi. Ada beberapa set permainan, dalam teori permaian ada 2 yaitu :
  1. One shot
Contohnya : jika ada dua orang bertemu dan tahu bahwa mereka hanya akan sekali saja bertemu, terjadi kasus dimana mereka tidak menjaga reputasi mereka. Mereka berbuat buruk karena tahu bahwa tindakan mereka tidak akan menimbulkan tindakan lain dikemuidan hari.
  1. Repeated :
a. Finite (terbatas), terjadi misalkan ketika orang tahu 10 hari lagi dia akan mati. Maka segala ekpektasi tersebut mengubah behavior nya untuk berpikir mengenai hari akhir ke-10. Ini membuat orang menjadi nekat dan bertindak diluar dugaan atau efek akhir.
b. Infinite (tidak terbatas), terjadi dimana seseorang menjadi reputasinya karena ia yakin akan berinteraksi dengan pihak lain menuju masa depan dan seterusnya (in the near future and more)
Ilustrasi yang menarik adaalah mengenai perang produk otomatif Indonesia dan jepang. Antara timor dan mobil jepang. Ada yang dinamakan strategi dominant (strategi yang selalu digunakan apa apun strategi lawan/rival). Jika strategi dominant saling bertemu satu sama lain maka terjadi yang disebut nash equilibrium.   Contoh Nash Equilibrium
DILEMA TAHANAN:
Dalam teori permainan, dsini di contohkan misal ada 2 pencuri dan ditangkap pada waktu yang sama dan pencuri juga diintrogasi dalam ruangan yang berbeda dan dalam waktu yang sama maka matrik peluang permaiann akan terjadi sebagai berikut :
STRATEGI
STRAREGI Mengaku Tidak mengaku
Mengaku A : 8 tahun
B : 8 tahun
A : 2 tahun
B : 10 tahun
Tidak mengaku A : 10 tahun
B : 2 tahun
A : 4 tahun
B : 4 tahun
Penjelasan Equilibrium Nash Dan Equilibrium Biasa
Misal permainan mencari equilibrium teori permainan biasa atau mencari nash equilibrium penjelasan selanjutnya klik disini. 


Jangan lupa cantumkan sumber dan komentnya gan. Terimakasih








Tidak ada komentar:

Posting Komentar