Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) Di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Blitar

PENDAHULUAN :

Latar Belakang: Perguruan tinggi sebagai lembaga ilmiah yang melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu: Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat diharapkan dapat mendidik dan mencetak sarjana yang mampu menguasai ilmu pengetahuan secara praktis dan teoritis serta mampu berperan dalam kehidupan masyarakat.
Dalam rangka mewujudkan tujuan di atas maka diharapkan para mahasiswa dapat menekuni bidang ilmunya masing-masing serta mendalami dan mempunyai kepekaan yang tinggi terhadap perkembangan teknologi dan masalah yang ada. Selain itu diharapkan dapat menambah pengetahuan dan memperluas pandangan tentang cakrawala ilmu dan teknologi, terutama yang berhubungan dengan profesionalisme akademik yang ditekuni dan mampu mengaplikasikan secara langsung penerapan ilmunya. Atas pertimbangan tersebut, maka dilakukan praktek kerja lapangan (PKL) ke dalam lingkungan instansi pemerintah sesuai dengan disiplin ilmunya.
Prodi S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang merupakan salah satu Prodi dari jurusan Ekonomi Pembangunan yang diharapkan dapat menghasilkan konsultan-konsultan ekonomi yang dapat membantu pengembangan dan penelitian dalam suatu perusahaan atau instansi. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), maka dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang terampil dan profesional di bidangnya. Untuk itu dengan adanya Praktek Kerja Lapangan, kami berharap tercapainya keselarasan antara teori yang diterima di bangku kuliah dengan praktek yang dilakukan di lingkungan instansi pemerintah dalam hal ini adalah Bappeda Kabupaten Blitar.
Dalam Praktek Kerja Lapangan di Kabupaten Blitar, kali ini mahasisiwa yang bernama Nur Azis Setiawan mengikuti kegiatan Musrenbang yang diadakan di lingkup Kabupaten Blitar dimulai dari tingkat Musrenbang desa, Musrenbang Kecamatan sampai dengan Musrenbang di tingkat Kabupaten Blitar.
Tujuan : Tujuan diadakannya Praktek Kerja Lapangan ini adalah untuk meng-aplikasikan antara teori-teori di bangku kuliah dengan praktek secara langsung dan menambah pemahaman maupun pengalaman dalam menghadapi permasalahan-permasalahan praktis dalam bidang perencanaan pembangunan daerah agar terwujud tenaga konsultan yang terampil, jujur, berdaya saing, inovatif dan kreatif dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab di masa mendatang. lebih lengkapnya silahkan klik disini.

Jangan lupa cantumkan sumber dan komennya gan. terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar