Adalah ilmu ekonomi yang membahas tentang struktur pasar, perilaku dan kinerja pasar, serta mengapa pasar perlu diorganisir dan bagaimana pengorganisasiannya mempengaruhi kinerja pasar. Pasar sendiri adalah Satu kelompok penjual dan pembeli yang mempertukarkan barang yang dapat disubstitusikan Keterkaitan pasar antar suatu barang ditentukan sifat antar barang tsb (substitusi & komplementer) serta kedekatan geografisnya
- Aspek-aspek Kinerja Pasar : Efisiensi (internal & alokatif), Kemajuan teknologi, dan Keadilan (equity)
- Macam-macam Pasar : Aspek geografis (lokal, nasional, Internasional) dan Aspek manajemen transaksi (tradisional, minimarket, super market, hyper market)
- Unsur-Unsur Struktur Pasar : Konsentrasi, Diferensiasi produk, Barier to Entry, Struktur Biaya, Regulasi Pemerintah
Sumber : Dirangkum dari berbagai buku ekonomi industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar