Matematika Sebagai Salah Satu Ilmu Dasar

ANALSIS MATEMATIA SEBAGAI SALAH SATU ILMU DASAR
              Matematika sebagai salah satu ilmu dasar, dewasa ini semakin dirasakan interaksinya dengan baidang-bidang ilmu lain seperti ekonomi, teknologi, dan rekayasa. Peran matematika dalam interaksi ini terletak pada struktur ilmu dan penalaran yang digunakan.
             Sekarang ini ilmu matematika makin banyak digunakan dalam berbagai bidang kehidupan seperti di bidang industri, asuransi, ekonomi, pertanian, dan di banyak bidang sosial maupun teknik. Pada abad informasi sekarang dan masa mendatang peranan matematika akan semakin dirasakan terutama dalam menganalisis dan menginterpretasikan data dari pengamatan untuk diolah menjadi informasi yang berguna bagi pengambilan keputusan. Kemampuan untuk memodelkan masalah-masalah nyata yang dihadapi masyarakat juga memerlukan pengetahuan matematika, terutama untuk memodelkan masalah tersebut secara matematis untuk kemudian ditentukan penyelesaiannya.
           Timbulnya ilmu ekonomi pada dasarnya karena adanya keterbatasan atau kelangkaan. Ilmu ekonomi berujuan untuk dapat membantu memecahkan masalah yang timbul dalam usaha mengoptimalisasi kemanfaatan yang dilakukan dalam keterbatasan dan kelangkaan.
           Matematika merupakan alat untuk menyederhanakan penyajian dan pemahaman masalah. Dengan menggunakan bahasa matematik, suatu masalah dapat menjadi lebih sederhana untuk disajikan, dipahami, dianalisa, dan dipecahkan. Sebagai ilmu yang senantiasa berkembang, ekonomi tidak luput dari hasrat untuk menerapkan matematika dalam bahasan-bahasannya. Berbagai konsep matematika kini menjadi alat analisis yang penting dalam ilmu ekonomi modern.
Sumber. Alpha chiang (Matematika Ekonomi Dan Bisnis)
Lebih lengkapnya silahkan lihat disini, jangan lupa cantumkan sumbernya. Terima Kasih 

2 komentar: