Exchange Rate

Kurs atau nilai tukar (exchange rate) adalah harga sebuah mata uang dari suatu negara, yang diukur atau dinyatakan dalam mata uang lainnya
Jenis-jenis exchange rate adalah sebagai berikut:
  1. Exchange rate regim
    adalah sistem kurs yang dianut suatu negara terhadap nilai mata uangnya.
    ada 2 sistem exchange rate regim yaitu Sistem Kurs Tetap (Fixed Exchange Rate Regime dan Sistem Kurs Mengambang (Floating/Flexible Exchange Rate Regime)
  2. Over valued exchange rate
    Jika penentuan kurs dalam negeri diterapkan pemerintah lebih tinggi dari pasar maka kurs mengalami overvalued atau sebaliknya nilaitukar yang ditetapkan pemerintah terlalu rendah disbanding dengan kurs pasar (undervalued). Bila selisih yhang ditetapkan dianggap terlalu jauh, maka pemerintah melakukan koreksi. Koreksi nilai tukar yang dinilai terlalu tinggi disebut devaluasi (devaluation), sedangkan untuk koreksi nilai tukar yang terlalu rendah disebut revaluasi (revaluation). Jadi devaluasi dan revaluasi pada prinsipnya juga merupakan koreksi atas nilai tukar, seperti halnya dengan apresiaisi dan depresi. Perbedaannya revaluasi dan devaluasi dilakukan berdasarkan mekanisme pasar
  3. Official exchange rate
    adalah Dua atau lebih kurs resmi (official rate) yang tetap biasanya dilengkapi dengan sisitem lisens impor serta impor quota.
  4. Dual exchange rate
    adalah Dua atau lebih kurs (dual exchange rate) yang bebas untuk mengalokasi devisa dengan beberapa pengawasan yang tidak ketat.
  5. Flexibel exchange rate
    Dengan memilih sistem nilai tukar yang flexible sejak pertengahan tahun 1997,maka lebih besar kemungkinan melebarnya rentang fluktuasi nilai tukar rupiah. Hinggapertengahan tahun 1999 ini, depresiasi rupiah terhadap dolar Amerika Serikat masih lebihbesar dibanding negara tetangga yang juga menganut sistem nilai tukar yang flexible,seperti Thailand dan Filipina. Keberhasilan memperkecil rentang fluktuasi nilai tukarrupiah kiranya dapat pula menjadi ukuran pemulihan ekonomi, sebagaimana tercerminpada perkembangan nilai tukar Bath dan Won.
    ada 2 macam flexible exchange rate yaitu free float dan managed float
Untuk lebih lengkapnya mengenai nilai tukar ini silahkan klik disini gan. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar